Prosedur KKL

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Selamat Datang di program Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Magang PPA FEB UMY. Berikut ini adalah Deskripsi dan SOP dari KKL Magang.

Deskripsi KKL Magang:

Program Kuliah Kerja Lapangan KKL Magang Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, merupakan suatu penugasan bagi mahasiswa untuk latihan kerja di perusahaan atau lembaga atau instansi selama periode tertentu yang ekuivalen dengan 3 SKS lapangan (2.400 menit atau 40 jam kerja per minggu yang terdiri dari jam kerja lapangan, kegiatan terstruktur, dan kegiatan mandiri, selama kurun waktu minimal 2 bulan dan maksimal 3 bulan) yang dikelola oleh Pusat Pengembangan Akuntansi PPA Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Kuliah Kerja Lapangan KKL Magang merupakan kegiatan intra-kurikuler yang mewajibkan mahasiswa untuk melakukan pengamatan dan praktik kerja atau latihan kerja di perusahaan atau lembaga atau instansi. Program Kuliah Kerja Lapangan KKL Magang dilaksanakan pada semester gasal (semester 7), atau semester 6 dengan se-ijin PPA. Kuliah Kerja Lapangan KKL Magang merupakan upaya peningkatan pemahaman, wawasan, dan keterampilan mahasiswa sebagai calon Sarjana Strata Satu Akuntansi, maka semua mahasiswa Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, wajib mengikuti program Kuliah Kerja Lapangan KKL Magang untuk melengkapi kompetensi yang telah diperolehnya selama perkuliahan.

SOP KKL Magang Prosedur Detil:

1. Mahasiswa yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan KKL Magang, melakukan Key-in KRS mata kuliah Kuliah Kerja Lapangan, lalu mengisi form permohonan atau menghubungi langsung staf Pusat Pengembangan Akuntansi PPA untuk diproses dan akan dibuatkan surat pengantar permohonan Kuliah Kerja Lapangan KKL Magang pada perusahaan atau lembaga atau instansi yang dituju.

2. Mahasiswa wajib berkelompok (memilih sendiri temannya, sekelompok minimal terdiri dari 2 mahasiswa, maksimal sesuai yang dibolehkan oleh tempat KKL Magang). Kemudian Pusat Pengembangan Akuntansi PPA akan membuat Surat pengantar permohonan magang, yang akan dikirim oleh mahasiswa bersangkutan ke perusahaan atau lembaga atau instansi tempat Kuliah Kerja Lapangan KKL Magang. Jika mahasiswa kesulitan mencari teman kelompok atau tempat KKL Magang, maka bisa dicarikan oleh PPA tetapi teman kelompok, waktu, dan tempat KKL sesuai yang ditentukan PPA (mahasiswa harus menerima).

3. Mahasiswa yang rencana Kuliah Kerja Lapangan KKL Magang telah diterima oleh perusahaan/ institusi, maka harus segera melapor ke Pusat Pengembangan Akuntansi PPA paling lambat seminggu setelah dinyatakan diterima (dibuktikan dengan surat pernyataan telah diterima, yang bertanda-tangan dan Cap dari pihak perusahaan/ institusi). Form Surat tersebut telah disediakan oleh PPA sebagai lampoiran surat pengantar permohonan KKL magang.

4. Mahasiswa yang ingin mengikuti Kuliah Kerja Lapangan KKL Magang harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

a. Mahasiswa aktif Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

b. Telah menempuh dan lulus mata kuliah minimal lima semester.

c. Minimal telah berada pada semester 6.

d. Mahasiswa yang melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan KKL Magang diberikan jangka waktu efektif selama setara kuliah biasa 16 minggu pembelajaran efektif atau ekuivalen untuk latihan kerja dengan 8 jam per hari kerja selama minimal 2 bulan, atau bisa lebih sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan oleh perusahaan atau lembaga atau instansi dengan batas waktu maksimum 3 bulan.

e. Pelaksanaan Kuliah Kerja Lapangan KKL Magang tidak diizinkan mengganggu proses perkuliahan yang berlangsung.

f. Berpakaian rapi dan berperilaku sopan.

g. Bekerjasama dengan rekan kerja dan patuh pada pimpinan untuk instruksi kerja.

h. Disiplin dalam memenuhi jam kantor dan tertib dalam melakukan pekerjaan.

i. Memenuhi aturan yang relevan lainnya dari perusahaan atau lembaga atau instansi.

5. Kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa bersifat membantu pelaksanaan tugas-tugas pada bagian atau divisi tertentu dilingkungan perusahaan atau lembaga atau instansi yang bersangkutan.

6. Dalam jangka waktu paling lama satu minggu setelah selesai pelaksanaan Kuliah Kerja Lapangan KKL Magang, mahasiswa diharuskan melaporkan ke Pusat Pengembangan Akuntansi PPA.

7. Ketua Program Studi Akuntansi c.q. Pusat Pengembangan Akuntansi PPA akan menugaskan Dosen Pembimbing Lapangan DPL untuk membimbing mahasiswa selama proses Kuliah Kerja Lapangan KKL Magang dan penyusunan laporannya, serta memberikan nilai akhir.

8. Nilai akhir Kuliah Kerja Lapangan KKL Magang ditentukan berdasarkan nilai dari perusahaan atau lembaga atau instansi tempat Kuliah Kerja Lapangan KKL Magang (50%), serta nilai dari Dosen Pembimbing Lapangan DPL yang terdiri dari nilai proses pembimbingan dan nilai laporan akhir (50%).

Kantor: PPA FEB UMY Kampus terpadu UMY Gedung KI Bagus
Hadikusumo E2 Lantai 2 Ruang Pusat Pengembangan 0274-387656 Ext. 154 / +62812 2779 0844 baic.ppa@gmail.com

Berikut ini Buku Panduan KKL Magang PPA FEB UMY:

BUKU PANDUAN KKL MAGANG

Formulir ini berguna untuk pendaftaran Magang. Sebelum mengisi form ini, siapkan terlebih dahulu file-file berikut:

1. Kartu Tanda Mahasiswa

2. Pas Photo 3*4 Berwarna

3. Transkip Nilai

E-Formulir Pendaftaran Magang

Step 1 of 3

  • Syarat Magang, 30 Hari Kerja / 250 Jam Kerja Efektif
  • Bagian yang diminati dalam instansi (misal: bagian keuangan, audit dll).

Form untuk upload bukti diterima magang dan bukti pembayaran magang

E-Formulir Konfirmasi Magang dan Bukti Pembayaran

Bukti Pembayaran hanya diperuntukkan bagi mahasiswa yang memilih magang Non-SKS

  • Max. file size: 8 MB.
  • Contoh: 01 Januari - 01 Februari 2019
  • Max. file size: 8 MB.
    Magang Non-SKS = Bukti Pembayaran Magang Magang SKS = Bukti Key In Magang di KRS

Berkas Laporan Magang

Laporan Magang

  • Drop files here or
    Accepted file types: pdf, Max. file size: 8 MB.
      Laporan yang di upload harus menyertakan lembar pengesahan dan sudah ditandatangani oleh dosen pembimbing lapangan dalam format pdf.